Minggu, 05 Januari 2020

Sistem Komunikasi VoIP

Voice over Internet Protocol(VoIP)
Salah satu contoh VoIP berbasis open source adalah Briker. Briker merupakan inovasi terbaru dalam bidang komunikasi yang dikembangkan oleh Anton Raharja.

1. Konsep Kerja Server Softswitch
Softswitch merupakan kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IO. Seluruh prosesnya dilakukan dengan cara menjalankan software pada suatu sistem komputer.

2. Prinsip Kerja VoIP
Prinsip kerja VoIP yaitu mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer  menjadi paket data digital, kemudian dari komputer tersebut diteruskan melalui hub/router/ADSL modem dan dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Selain itu, dapat juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan dapat diterima oleh telepon tujuan.
3. Proses Kerja PBX Softswitch

a. pengertian PBX (Private Branch Exchange)
adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan
b. fungsi PBX
1. penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon menggunakan nomer yang dituju
2. menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan
3. menjaga sambungan selama menggunakan telepon
4. mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon
5. layanan otomatis panggilan
c. cara kerja PBX dalam server softswitch
sebuah sistem IP PBX terdiri atas satu atau lebih telepon internet SIP, IP PBX server, dan secara opsional VoIP gateway yang dapat terhubung ke jalur telepon tradisional.

4. kebutuhan bagian komunikasi PBX pada server softswitch
a. media gateway controller (MGC) atau call agent
adalah elemen utama softswitch. berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen elemen jaringan yang lain, serta menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
b. signallinh Gateway (SG)
SG menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dg jaringan IP dibawah kendali dari MGC. SG hanya menangani persinyalan SS7 sedangkan MGC menangani sirkuit suara yang telah dibangun oleh mekanisme persinyalan SS7
c. Media Gateway (MG)
berfungsi sbg elemen transport yang merutekan traffic dalam jaringan softswitch  dan juga mengirim atau menerima traffic dari jaringan lain yang berbeda seperti PSTN, PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan
d. Media Server
fungsinya untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media.
e. feature server
feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut. misalnya gatekeeper
f. Operating support System (OSS)
merupakan elemen jarngan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan seperti manajemen jaringan, provisioning, billing, monitoring, dan statistik.

5. Media gateway terbagi menjadi dua
a. Trunk Gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan traffic dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile)
b. Access gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch clas 5 untuk menghubungkan softswitch dg jaringan korporasi  atau terminal pelanggan (CPE)

6. Beberapa komponen yang harus ada dalam Voip yaitu sebagai berikut.
a. Protokol
Ada beberapa jenis protokol yaitu sebagai berikut.
1.) TCP/IP : sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet.
2.) Application Layer : fungsi utama protokol ini adalah pemindahan file. Perpindahan file dari sebuah sistem ke sistem lainnya yang berbeda memerlukan suatu sistem pengendalian untuk mengatasi adanya ketidakkompatibelan sistem file yang berbeda-beda yakni application layer.
3.) Transmission Control Protocol(TCP) : protokol yang connection-oriented, artinya menjaga reliabilitas hubungan komunikasi end-to-end.
4.) User Datagram Protocol(UDP) : transport protocol yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP.
5.) H.323 : standar yang menentukan komponen,protokol,dan prosedur yang menyediakan layanan komunikasi multimedia.
b. VOIP Server
Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut Voice Over Internet Protocol(VOIP).
c. Softswitch : alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, temasuk di dalamnya adalah jaringan telepon tetap(PSTN).
d. Softphone(Software)
selain berupa telepon utuh(hardware), perangkat telepon juga bisa berbentuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar